TULISAN WARTA PENYULUHAN DAN ARTIKEL DARI PENYULUH PERIKANAN DAPAT DIUPLOAD DI WEB DENGAN EMAIL KE: warta.artikel.pusluhdayakp@gmail.com   |   KAPUSLUHDAYA KP INSTRUKSIKAN PENYULUH PERIKANAN SE-INDONESIA UNTUK GENCARKAN SOSIALISASI PERMEN KP NO 1 TAHUN 2015 TENTANG PENANGKAPAN LOBSTER (Panulirus spp), KEPITING (Scylla spp.) DAN RAJUNGAN (Portunius pelagicus spp)   |   MAKLUMAT PELAYANAN PUBLIK "DENGAN INI KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU"   |   HENTIKAN TINDAKAN DAN PERILAKU KORUPSI SEKARANG JUGA, KORUPSI MERUGIKAN KITA SEMUA   |   AYO PENYULUH PERIKANAN INDONESIA FOLLOW AKUN TWITTER @HumasBPSDMKP dan @PusluhBPSDMKP UNTUK MENGIKUTI PERKEMBANGAN BERITA KELAUTAN & PERIKANAN TERKINI DAN KABARKAN KEGIATAN PENYULUHAN DI LAPANGAN SECARA PERIODIK   |   AYO PENYULUH PERIKANAN DI INDONESIA... BERANTAS ILLEGAL FISHING, PELAJARI REGULASI KELAUTAN DAN PERIKANAN DAN SOSIALISASIKAN KEPADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA MASING-MASIING   |   PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG LARANGAN PENGGUNAAN PENANGKAPAN IKAN PUKAT HELA (TRAWL) DAN PUKAT TARIK (SEINE NETS) DI WILAYAH PENGELOLAAN PERIKANAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAPAT DIUNDUH di DI MENU WARTA ATAU LEGISLASI   |   PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PENANGKAPAN LOBSTER (Panulirus SPP), KEPITING (Scylla SPP.) DAN RAJUNGAN (Portunius Pelagicus SPP) DAPAT DIUNDUH DI WARTA ATAU LEGILASI   |   UU NO. 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH DAPAT DIUNDUH   |   MARI PENYULUH PERIKANAN DI WILAYAH PESISIR KITA TINGKATKAN SOSIALISASI MENCEGAH IUU FISHING KEPADA PELAKU UTAMA/NELAYAN DI WILAYAH KERJA MASING-MASING

TENAGA AHLI BBP2HP JAKARTA BERIKAN PENCERAHAN INOVASI PEREKAYASAAN BERAS ANALOG DAN ES KRIM RUMPUT LAUT MELALUI VIDEO CONFERENCE

JAKARTA (4/10/2016) www.pusluh.kkp.go.id 

Video conference atau vicon Pusluhdaya KP merupakan agenda rutin setiap Selasa dan Jumat yang diisi penjelasan tenaga ahli KKP, penyuluh dan juga kelompok binaan akan suatu inovasi KP di lapangan.  Vicon Pusluhdaya KP awalnya dilaksanakan bergantian di lokasi sumber inovasi lingkup KKP khususnya UPT BalitbangKP.  Seiring dengan penghematan anggaran, Pusluhdaya KP siasati pelaksanaan vicon di ruang Cyber Pusluhdaya KP Jakarta dan secara Live disiarkan sehingga bisa diikuti oleh penyuluh perikanan dan binaannya. 

Hari ini (4/10), Pusluhdaya KP kembali melaksanakan kegiatan Video conference (Vicon) Pemberdayaan Masyarakat KP melalui diseminasi iptek dan informasi. Vicon mengangkat topik inovasi hasil perekayasaan Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan atau BBP2HP Jakarta. Dua narasumber hadir untuk memberikan pencerahan hasil inovasi yaitu Dra. Dwi Budiyanto, M.Si dan Susilo Raharjo, S.ST.Pi.  Vicon dipandu oleh Anggi Soesalit, S.ST.Pi penyuluh perikanan pusat.

Tercatat wakil penyuluh dan kelompok dari beberapa provinsi sebagai mitra vicon hari ini yaitu Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Brebes, Kabupaten Bekas i, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Berau dan Berau.  Selain itu, vicon juga diikuti penyuluh perikanan dan kelompok melalui fasilitas video streaming.

Pusluhdaya KP mendorong pemanfaatan TIK seperti vicon digunakan semata-mata sebagai bagian alat kerja penyuluh perikanan.  Komunikasi audiovisual dua arah dengan jarak jauh dirasakan lebih efektif dan efisien, sehingga peserta yang ikuti kegiatan diseminasi IPTEK ini bisa mendapatkan informasi pengetahuan lebih cepat dan produktivitas penyuluh perikanan meningkat.  Rekaman setiap vicon diupload diCyber extension KP sehingga bisa dipelajari siapa pun tidak hanya penyuluh perikanan dan masyarakat KP.