TULISAN WARTA PENYULUHAN DAN ARTIKEL DARI PENYULUH PERIKANAN DAPAT DIUPLOAD DI WEB DENGAN EMAIL KE: warta.artikel.pusluhdayakp@gmail.com   |   KAPUSLUHDAYA KP INSTRUKSIKAN PENYULUH PERIKANAN SE-INDONESIA UNTUK GENCARKAN SOSIALISASI PERMEN KP NO 1 TAHUN 2015 TENTANG PENANGKAPAN LOBSTER (Panulirus spp), KEPITING (Scylla spp.) DAN RAJUNGAN (Portunius pelagicus spp)   |   MAKLUMAT PELAYANAN PUBLIK "DENGAN INI KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU"   |   HENTIKAN TINDAKAN DAN PERILAKU KORUPSI SEKARANG JUGA, KORUPSI MERUGIKAN KITA SEMUA   |   AYO PENYULUH PERIKANAN INDONESIA FOLLOW AKUN TWITTER @HumasBPSDMKP dan @PusluhBPSDMKP UNTUK MENGIKUTI PERKEMBANGAN BERITA KELAUTAN & PERIKANAN TERKINI DAN KABARKAN KEGIATAN PENYULUHAN DI LAPANGAN SECARA PERIODIK   |   AYO PENYULUH PERIKANAN DI INDONESIA... BERANTAS ILLEGAL FISHING, PELAJARI REGULASI KELAUTAN DAN PERIKANAN DAN SOSIALISASIKAN KEPADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA MASING-MASIING   |   PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG LARANGAN PENGGUNAAN PENANGKAPAN IKAN PUKAT HELA (TRAWL) DAN PUKAT TARIK (SEINE NETS) DI WILAYAH PENGELOLAAN PERIKANAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAPAT DIUNDUH di DI MENU WARTA ATAU LEGISLASI   |   PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PENANGKAPAN LOBSTER (Panulirus SPP), KEPITING (Scylla SPP.) DAN RAJUNGAN (Portunius Pelagicus SPP) DAPAT DIUNDUH DI WARTA ATAU LEGILASI   |   UU NO. 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH DAPAT DIUNDUH   |   MARI PENYULUH PERIKANAN DI WILAYAH PESISIR KITA TINGKATKAN SOSIALISASI MENCEGAH IUU FISHING KEPADA PELAKU UTAMA/NELAYAN DI WILAYAH KERJA MASING-MASING

PERLUNYA SINERGITAS ANTARA PPB DAN PP-PNS DEMI MEWUJUDKAN VISI DAN MISI KKP

KOLAKA (3/7/2017) www.pusluh.kkp.go.id

Meskipun terdapat perbedaan status jabatan antara PPB dan PP-PNS, akan tetapi hal tersebut bukan berarti adanya ruang pemisah untuk melakukan koordinasi yang baik antara keduanya. Sangat disayangkan bila PPB dan PP-PNS tidak saling akrab dan saling membelakangi satu sama lain. Parahnya lagi bila hal tersebut berlaku di lapangan wilayah kerja yang sama. PPB harus menghargai PP-PNS begitupun sebaliknya. Hal ini dilakukan demi menjaga keakraban, loyalitas, dan kolabarasi yang baik demi mencapai visi dan misi KKP.

PPB dan PP-PNS secara bersama memiliki tugas yang sama dan tujuan yang sama yakni memandirikan dan mensejahterakan kelompok/pelaku utama/usaha. Baik PPB maupun PP-PNS memiliki tugas sebagai fasilitator, dinamisator, motivator, dan

Betapa pentingnya tugas tersebut, maka tidak ada alasan lagi PPB dan PP-PNS untuk melakukan koordinasi. Koordinasi ini sangat penting dilakukan, mengingat PP-PNS merupakan senior dan tentu telah banyak memiliki pengalaman dan pengamalan di lapangan. Hal tersebut harus diakui oleh PPB secara kongkrit. Selaku PPB tidak boleh ego. Sebab ego merupakan tindakan yang keliru. Itu hanya akan memutus rantai komunikasi dan silahturahim. Pembinaan boleh individu, akan tetapi sinergitas harus bersama. Sebab PPB dan PP-PNS sama-sama terikat untuk memajukan sektor perikanan yang berkelanjutan yang ditinjau berdasarkan kemajuan dan perkembangan kelompok/pelaku utama/usaha.

Khusus di wilayah Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara koordinasi dan kolaborasi antara PPB dan PP-PNS terbilang sangat baik dan memiliki harmonisasi yang baik, dimana PP-PNS seringkali memberikan masukan kepada PPB terkait dengan bagaimana kinerja dan sosialisasi. Disini terjalin sharing yang positif antar PPB dan PP-PNS, sehingga PPB bertambah ilmu pengetahuannya untuk menajalankan tugas di lapangan.

Bersama PP-PNS (Ivonne Siswanty, S.Pi., Jaenuddin Arsyad, SP., Erna Ekasari, S.Pi) serta PPB-MU (Sahafuddin Karim, SE), saya selaku PPB banyak berterima kasih atas masukkan yang telah diberikan selama ini. Sangat banyak implementasi dari sharing yang diperoleh, sehingga mampu diterapkan ke kelompok binaan.

 

Kontributor :

Ashar Junianto, S.Pi (PPB Pendamping Program)

Kabupaten Kolaka

Sulawesi Tenggara