TULISAN WARTA PENYULUHAN DAN ARTIKEL DARI PENYULUH PERIKANAN DAPAT DIUPLOAD DI WEB DENGAN EMAIL KE: warta.artikel.pusluhdayakp@gmail.com   |   KAPUSLUHDAYA KP INSTRUKSIKAN PENYULUH PERIKANAN SE-INDONESIA UNTUK GENCARKAN SOSIALISASI PERMEN KP NO 1 TAHUN 2015 TENTANG PENANGKAPAN LOBSTER (Panulirus spp), KEPITING (Scylla spp.) DAN RAJUNGAN (Portunius pelagicus spp)   |   MAKLUMAT PELAYANAN PUBLIK "DENGAN INI KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU"   |   HENTIKAN TINDAKAN DAN PERILAKU KORUPSI SEKARANG JUGA, KORUPSI MERUGIKAN KITA SEMUA   |   AYO PENYULUH PERIKANAN INDONESIA FOLLOW AKUN TWITTER @HumasBPSDMKP dan @PusluhBPSDMKP UNTUK MENGIKUTI PERKEMBANGAN BERITA KELAUTAN & PERIKANAN TERKINI DAN KABARKAN KEGIATAN PENYULUHAN DI LAPANGAN SECARA PERIODIK   |   AYO PENYULUH PERIKANAN DI INDONESIA... BERANTAS ILLEGAL FISHING, PELAJARI REGULASI KELAUTAN DAN PERIKANAN DAN SOSIALISASIKAN KEPADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA MASING-MASIING   |   PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG LARANGAN PENGGUNAAN PENANGKAPAN IKAN PUKAT HELA (TRAWL) DAN PUKAT TARIK (SEINE NETS) DI WILAYAH PENGELOLAAN PERIKANAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAPAT DIUNDUH di DI MENU WARTA ATAU LEGISLASI   |   PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PENANGKAPAN LOBSTER (Panulirus SPP), KEPITING (Scylla SPP.) DAN RAJUNGAN (Portunius Pelagicus SPP) DAPAT DIUNDUH DI WARTA ATAU LEGILASI   |   UU NO. 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH DAPAT DIUNDUH   |   MARI PENYULUH PERIKANAN DI WILAYAH PESISIR KITA TINGKATKAN SOSIALISASI MENCEGAH IUU FISHING KEPADA PELAKU UTAMA/NELAYAN DI WILAYAH KERJA MASING-MASING

KELOMPOK SIDO RUKUN, KAB. BALANGAN, PROV. KALIMANTAN SELATAN

2 Juli 2015 10:01 oleh Pusat Penyuluh KP

Wilayah Sebaran : Kalimantan Selatan

PROFIL KELOMPOK "SIDO RUKUN" BALANGAN

DATA KELOMPOK
- Tanggal Berdiri : 12-07-2011
- No. SK Pengukuhan :
- Tgl. SK Pengukuhan : 00-00-0000
- Wilayah Kelompok : KALIMANTAN SELATAN
  - Desa : SUMBER REJEKI
  - Kecamatan : JUAI
  - Kabupaten : BALANGAN
- Jumlah Anggota : 10 Orang
- Jenis Usaha : Budidaya Ikan
- Penyuluh : Adi Rahayu
SUSUNAN PENGURUS KELOMPOK

1.Ketua : Karsadi

2.Sekretaris : Zainal. A

3.Bendahara : Abdul Wahab

4.Seksi-seksi:

    ü  Produksi : Mustaji

    ü  Pemasaran : Sugiono

    ü  Saprokan : Edy. H

    ü  Humas : Suyanto

    ü  Keamanan : M. Saipul

    ü  Dll

No. Telp/HP Contact Person : 081348497242 (Bendahara)

INFORMASI KELOMPOK

Usaha budidaya ikan nila di kolam tadah hujan ini dimulai tahun 2006 sebagai terobosan baru pemanfaatan lahan di kecamatan juai, Kabupaten Balangan. Kegiatan usaha pembesaran dilakukan dengan memanfaatkan kolam tanah, dan merupakan optimalisasi lahan pekarangan pada tahun 2006. Kegiatan usaha budidaya ikan nila di kolam tanah ini mulai contoh masyarakat yang melakukan usaha pembesaran ikan nila, dibentuklah kelompok tani perikanan dengan nama “ Sido Rukun “.

            Visi kelompok adalah mewujudkan petani perikanan yang mandiri dan mampu melakukan kegiatan budidaya perikanan di daerah pegunungan. Sedangkan misi kelompok adalah memajukan kesejahteraan anggota kelompok melalui kegiatan budidaya perikanan, dengan tujuan meningkatkan perekonomian anggota kelompok dan memberikan contoh kepada masyarakat yang lainnya untuk dapat melakukan kegiatan budidaya perikanan.

            Norma – norma dalam kelompok “ Sido Rukun “ selama proses berlangsung kegiatan pembudidaya ikan, mulai dari pemilihan bibit, pembesaran sampai panen dan pemasaran hasil diatur oleh kelompok. Sistem pengambilan keputusan melalui musyawarah mufakat. Karena musyawarah dalam kelompok adalah kumpulan orang – orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berintreraksi kelompok tercipta oleh anggota masyarakat.

            Kegiatan rutin kelompok adalah setiap awal bulan dilakukan pertemuan untuk saling bertukar informasi atau pemecahan masalah yang menyangkut kegiatan budidaya. Dalam budidaya ikan nila . Dalam budidaya ikan nila menjadi tiga bagian usaha diantaranya adalah usaha pembenihan, usaha pembesaran, usaha pemasaran. Setiap usaha memberikan keuntungan pada penanam modal. Usaha perikanan budidaya adalah sebuah kegiatan usaha yang berfokus memproduksi ikan. Sedangngkan kegiatan social yang dibentuk dari ikatan – ikatan social baik pada tingkatan individual atau kelompok. Misalnya kelompok perikanan dengan kelompok lainnya.

            Sarana dan prasarana kelompok sido rukun menggunakan ruang dirumah anggota kelompok secara bergiliran, kolam berjumlah 40 unit, milik anggota yang diperoleh dari milik pribadi dengan kondisi baik, sedangkan sarana produksi pada kelompok sido rukun berada pada taraf pengembangan, produksi ikan terus dikembangkan sehingga memenuhi standart, juga ketersediaan kolam – kolam ikan masih belum memenuhi syarat. Modal usaha kelompok sido rukun masih swadaya, kadang ada juga yang dana pribadi untuk kelangsungan budidaya, katena modal usaha merupakan factor utama yang harus dipikirkan jika akan menjalankan usaha.

            Pendampingan kelompok oleh tenaga penyuluh atau petugas teknis perikanan melalui komunikasi tatap muka, dikusi (tukar pendapat), biasanya dilakukan penyuluh dalam seminggu 3 kali pertemuan di kelompok.