TULISAN WARTA PENYULUHAN DAN ARTIKEL DARI PENYULUH PERIKANAN DAPAT DIUPLOAD DI WEB DENGAN EMAIL KE: warta.artikel.pusluhdayakp@gmail.com   |   KAPUSLUHDAYA KP INSTRUKSIKAN PENYULUH PERIKANAN SE-INDONESIA UNTUK GENCARKAN SOSIALISASI PERMEN KP NO 1 TAHUN 2015 TENTANG PENANGKAPAN LOBSTER (Panulirus spp), KEPITING (Scylla spp.) DAN RAJUNGAN (Portunius pelagicus spp)   |   MAKLUMAT PELAYANAN PUBLIK "DENGAN INI KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU"   |   HENTIKAN TINDAKAN DAN PERILAKU KORUPSI SEKARANG JUGA, KORUPSI MERUGIKAN KITA SEMUA   |   AYO PENYULUH PERIKANAN INDONESIA FOLLOW AKUN TWITTER @HumasBPSDMKP dan @PusluhBPSDMKP UNTUK MENGIKUTI PERKEMBANGAN BERITA KELAUTAN & PERIKANAN TERKINI DAN KABARKAN KEGIATAN PENYULUHAN DI LAPANGAN SECARA PERIODIK   |   AYO PENYULUH PERIKANAN DI INDONESIA... BERANTAS ILLEGAL FISHING, PELAJARI REGULASI KELAUTAN DAN PERIKANAN DAN SOSIALISASIKAN KEPADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA MASING-MASIING   |   PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG LARANGAN PENGGUNAAN PENANGKAPAN IKAN PUKAT HELA (TRAWL) DAN PUKAT TARIK (SEINE NETS) DI WILAYAH PENGELOLAAN PERIKANAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAPAT DIUNDUH di DI MENU WARTA ATAU LEGISLASI   |   PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PENANGKAPAN LOBSTER (Panulirus SPP), KEPITING (Scylla SPP.) DAN RAJUNGAN (Portunius Pelagicus SPP) DAPAT DIUNDUH DI WARTA ATAU LEGILASI   |   UU NO. 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH DAPAT DIUNDUH   |   MARI PENYULUH PERIKANAN DI WILAYAH PESISIR KITA TINGKATKAN SOSIALISASI MENCEGAH IUU FISHING KEPADA PELAKU UTAMA/NELAYAN DI WILAYAH KERJA MASING-MASING

MINA MUKU AYA, KAB. BANGLI, PROV. BALI

6 Agustus 2015 09:59 oleh Pusat Penyuluh KP

Wilayah Sebaran : Bali

PROFIL KELOMPOK "MINA MUKU AYA" BANGLI

DATA KELOMPOK
- Tanggal Berdiri : 05-12-2004
- No. SK Pengukuhan :
- Tgl. SK Pengukuhan : 05-12-2004
- Wilayah Kelompok : BALI
  - Desa : TEMBUKU
  - Kecamatan : TEMBUKU
  - Kabupaten : BANGLI
- Jumlah Anggota : 15 Orang
- Jenis Usaha : Budidaya Ikan
- Penyuluh : Dewa Gede Buduk Baliarta
SUSUNAN PENGURUS KELOMPOK

Susunan Pengurus Kelompok    :

 

Ketua                                                    :               Kadek Darsika Yasa

Sekretaris                                              :               I Wayan Sumadi

Bendahara                                             :               Wayan Pasek Mandira

Seksi-seksi                                            :

Produksi                                                :               I Wayan Nuriada

Pemasaran                                            :               I Wayan Rudi

Saprokan                                             :

Humas                                                  :

Keamanan                                            :

Dana                                                    :

 

Nomor Hp Ketua/anggota                        :           081916567891

INFORMASI KELOMPOK

Kelompok Mina Muku Aya merupakan salah satu kelompok yang berada Di Banjar Tembuku Kawan tepatnya di tengah tengah persubakan Tembuku kawan dengan pengairan setengah teknis dengan system air nyorog/bergilir.dengan tinggi tempat 650 dpl.dengan kegiatan usaha pembenihan ikan nila.

                Usaha pembenihan ikan nila ini merupakan usaha yang ditekuni oleh anggota kelompok yang dimulai dari tahun 2009 sebagai kegiatan terobosan baru di lahan sawah yang berlokasi di subak Tembuku kawan Desa Tembuku,Kecamatan Tembuku,Kabupaten Bangli.Kegiatan usaha pembenihan ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan sawah dan merupakan optimalisasi lahan sawah. Pada kurun waktu tahun 2004s/d 20012 kegiatan pendederan  ini telah dilakukan ikan  nila dan ikan karper.Pendederan ikan nila dan karper,  ikan nila yang benihnya sangat banyak dibutuhkan oleh pembudidaya di Danau batur utamanya dibesarkan di KJA. Tahun2004 tepatnya tanggal 8 september 2004 atas innisiatif masyarakat dibentuklah kelompok Tani ikan dengan nama Mina Muku Aya. Kelompok Mina Muku Aya ini disamping melaksanakan pendederan juga melaksanakan kegiatan pendederan benih dasar karper sampai mencapai ukuran 7 s/d 9 cm, dan 8-12 cm, untuk kebutuhan KJA di Danau Batur.

                Visi kelompok adalah membangun masyarakat yang mampu melakukan kegiatan budidaya perikanan dengan memanfaatkan lahan sawah secara sederhana. Kelompok Mina Muku Aya mempunyai misi memajukan anggota dan masyrakat unuk menuju sejahtra melalui kegiatan berbudidaya ikan diantaranya pembenihan maupun pendederan dan pembesaran di kolam maupun di sawah.

                Cara perlakuan air untuk kegiatan budidaya diatur secara bersama dalam kelompok cara penanganan dan pasca panen dan pemasaran hasil diatur oleh kelompok serta mencari kemitraan. Sistem pengambilan keputusan melalui musyawarah mufakat bersama anggotasesuai dengan norma kelompok setempat.

                               Kegiatan rutin anggota kelompok adalah setiap awal bulan mengadakan pertemuan untuk saling bertukar informasi atau pemecahan masalah yang timbul sekitar kegiatan budidaya serta memungut yuran anggota, dan pembersihan sekitar kolam budidaya milik anggota.

Kelompok mengadakan pertemuan di ruang pondok milik anggota yang berada pada tengah kolam pendederan nila. Luas bangunan 4x6 m. jumlah kolam 12 unit dengan luas 25 are, milik pribadi salah satu anggota , keadaan kolam cukup baik dan sudah ada oksigen, plastic untuk pengiriman benih nila.

                               Pendampingan terhadap kelompok oleh penyuluh perikanan setiap pertemuan sesuai jadual kunjungan penyuluh 2x sebulan dengan materi sesuai dengan keadaan lapangan bersama dengan petugas teknis perikanan serta sering juga kami panggil sewaktu waktu untuk memberikan penyuluhan untuk pemecahan masalah secara bersama, serta kami anggota mencari mitra kerja dalam hal penjualan benih atau pada kelompok lain yang mengusahakan pembesaran terutama yang ada di danau Batur.

                Dalam rangka peningkatan kapasitas anggota kami sering mendapatkan pelatihan2 yang berkaitan dengan budidaya ikan yaitu Budidaya lele,nila, dan pelatihan penggunaan vaksin ikan serta pratek memijahkan karper,cara panen benih nila dan pengemasan untuk dikirim.serta kami sering fildy dan magang di BBI.

Seiring dengan perjalanan waktu Kelompok Mina Muku Aya saat ini mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan Dem-plot percontohan Pendederan Nila sejumlah 100.000.ek. untuk dijadika sebagai media pembelajaran kelompok serta contoh bagi kelompok yang lain di Kec Tembuku,hal ini juga sebaga pendorong untuk memotipasi anggota kelompok untuk menuju masyarakat yang sejahtra dari ikan .

                Kas kelompok sampai saat ini baru mencapai RP.1.254.000,-

Barang yangtelah dimiliki berupa inpentaris yaitu buku administrasi  dan alat2budidaya brupa jarring,seser,greding serok ember.

Data Kelompok

Tanggal berdiri                                  :                5 Desember 2004.

No SK Pengukuhan                            :

Tanggal SK Pengukuhan                    :              

Kelas Kelompok                               :                Madya

Wilayah Kelompok;                  

Desa                                               :               Tembuku

Kecamatan                                       :               Tembuku

Kabupaten                                        :                Bangli

Jumlah Anggota                                :               15. orang

Jenis Usaha                                      :               Pendederan Nila

                Demikianlah secara singkat dapat kami sampaikan profil kelompok Mina Muku Aya yang masih sangat banyak kekurangannya semoga bermanfaat dan akhir kata tidak liupa mengucapkan banyak terima kasih.